istilah - istilah internet

ISTILAH – ISTILAH INTERNET
                Hallo sobat,.. selamat malam. Pada artikel kali ini saya mau berbagi istilah – istilah di Internet nih sobat.  Untuk lebih memahami tentang internet, kita tentu wajib untuk tahu dan mengerti istilah – istilah yang berkaitan dengan internet, atau bahasa kerennya buzzword – buzzword dunia internet, hihihihii…
Berikut adalah istilah – istilah internet :
istilah internet

istilah internet


  • Web : Web merupakan fasilitas yang dapat menampilkan data – data yang berupa teks, gambar, bunyi, animasi, dan data multimedia lainnya melalui internet.
  • WWW ( Worl Wide Web ) : WWW merupakan kumpulan web server di seluruh dunia yang dapat menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan secara massal.
  • Situs Web ( Web Sites ): situs web merupakan sebuah alamat tertentu di WWW yang menyediakan informasi tertentu. Untuk membuka sebuah situs web, anda dapat menggunakan browser. Contoh situs web yang terkenal misal : http://www.yahoo.com .
  •  Halaman Web ( Web Pages ) : Halaman web merupakan bagian dari situs web, apabila Situs Web diumpamakan merupakan sebuah buku, maka halaman web merupakan lembaran – lembaran kertas penyusun buku tersebut. Contohnya apabila anda membuka http://www.yahoo.com dan berpindah antara halaman, maka halaman – halaman yang ditemui tersebut adalah halaman web ( web pages ).
  • Halaman Depan ( Homepage ) : Homepage merupakan halaman muka dari sebuah situs web, atau ibarat cover depan sebuah buku. Homepage  biasanya berupa outline dari isi situs web yang bersangkutan. Misalnya di : http://www.yahoo.com, halaman yang pertama kali anda jumpai adalah Hompage-nya. Homepage biasanyaberupa link – link halaman yang ada didalam situs.
  •  Browser : Browser adalah aplikasi yang digunakan untuk berselancar di dunia internet. Browser dapat memandu pengguna internet untuk berpindah antar situs web dengan mudah. Browser yang paling terkenal penggunaannya adalah Internet Explorer, tapi akhir – akhir ini ada sebuah Browser yang sangat terkenal penggunaaanya yang bernama Mozila Firefox.
  •  Download : Download adalah kegiatan menyalin data atau informasi dari sebuah situs web ke komputer. 
  • Upload : Upload adalah kebalikan dari download , yakni anda menyalin data dari komputer anda untuk ditampilkan di situs web. 
  • Email / Surat Elektronik : sebuah surat yang dapat dikirimkan melalui internet atau jaringan.
  • URL ( Universal Resource Locator ) : URL adalah suatu alamat yang menunjukkan sebuah halaman tertentu internet. Contoh URL adalah : http://www.google.com .
  • HTTP ( Hypertexts Transfer Protocol ) : HTTP adalah bagian dari sebuah URL yang mengidentifikasi lokasi web, dan digunakan dala protocol HTML.
  • Hub : hub secara bahasa bermakna pusat, yakni sebuah piranti yang digunakan untuk membuat jaringan.
  • Client : Client  adalah komputer pengakses internet.
  • Server : Server adalah komputer di internet yang berfungsi menyediakan file – file dan layanan kepada Client.
  • Modem : Modem singkatan dari Modulator Demodulator, merupakan piranti yang digunakan oleh sebuah komputer untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lain melalui kabel telepon. Cara kerjanya melalui proses modulasi , yakni penyubahan sinyal elektronik menjadi sinyal audio / suara untuk kemudian ditransfer melalui telepon. Apabila sudah sampai ke komputer penerima maka sinyal audio tersebut mengalami demodulasi  sehingga dapat diubah kembali menjadi sinyal elektronik yang dimengerti oleh komputer. Sehingga kerja modem adalah melaskukan modulasi dan demodulasi  secara bergantian.
  • Telepon : Telepon adalah alat komunikasi yang ditemukan oleh penemu Amerika yang bernama Alexander Graham Bell. Telepon memungkinkan orang berkomunikasi melalui suara, di Indonesia provider utama telepon adalah PT. Telkom, Tbk., tapi sekarang banyak pula provider lain yang ikut meminjam jaringan PT. Telkom ataupun yang membangun jaringan sendiri sehingga mampu menyadiakan layanan telekomunikasi seperti : Telkomsel ( Simpati dan kartu halo), Indosat ( Matrix, Mentari, IM3Smart ), XL (Bebas, Jempol, dll ), Fren, Esia. Telepon masih merupakan media komunikasi paling penting yang digunakan untuk berinternet.
  • Hyperlink : Hyperlink atau disebut link saja merupakan ebuah fasilitas yang sangat berperan mempopulerkan penggunaan internet, karena mampu mereferensikan sebuah teks atau gambar ke alamat lain di belantara internet.
  • TCP / IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ) : TCP / IP merupakan kumpulan metode – metode yang digunakan untuk menghubungi server. TCP / IP merupakan bahasa standardisasi untuk internet. 
  • IP (  Internet Protocol  ) : IP merupakan protokol yang digunakan dalam internet, secara teknis bermakna suatu bentuk pengisian dan pengalaman data – data dan informasi yang akan dikirim melalui internet. 
  • Alamat IP ( IP Adress ): Alamat IP seperti alamat rumah, berfungsi sebagai identitas komputer dalam jaringan TCP / IP. Bentuk dari alamat IP biasanya terdiri 4 segmen dan tiap segmen ditulis menggunakan angka dari 0 sampai 225, contoh alamat IP seperti berikut : 196.128.0.15
  • Mesin pencarian ( Search Engine ): Mesin pencari merupakan sebuah situs web dapat digunakan untuk melakukan pencarian informasi tertentu dengan cara memasukkan kata kunci  (keywords ) pencarian. Contoh mesin pencari yang populer di internet adalah : www.google.com, www.yahoo.com.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat ya sobat.. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Cara Install Windows 7 Dengan Sempurna

CARA MEMBUAT PROGRAM LOGIKA IF / PERCABANGAN IF